Cat Lantai

Cat Lantai atau sering disebut dengan Flooring Coating selain menghadirkan warna ruang dengan pilihan warnanya beragam: merah, biru, oranye, hijau, abu-abu, bahkan ada yang menghasilkan efek tekstur juga lebih kuat dan sehat. Hal ini dikarenakan tidak adanya sambungan seperti halnya pada lantai keramik. Kita ketahui bahwa sambungan lantai (nat) merupakan tempat yang rawan untuk tumbuhnya bakteri.

Cat lantai rupanya ingin menyamai cat dinding. Karenanya, cat lantai kini menjadi material alternatif untuk dekorasi rumah. Sedikitnya ada beberapa produsen yang menawarkan cat lantai itu. Ada Propan, Arturo, Jotun dan Delta. 


Cat lantai pada awalnya banyak digunakan untuk Gudang, Laboratorium, Rumah Sakit, Pabrik, dan tempat-tempat yang mengutamakan kekuatan dan kesehatan. Namun seiring perkembangan trend property, cat lantai semakin banyak digunakan untuk rumah-rumah pribadi, tempat kursus, dll. hal ini dikarenakan cat tersebut juga memiliki warna yang cukup lengkap, mulai dari putih, ivory, dark green , hingga graphite grey . Tak ketinggalan efek glossy dan dof . Cat glossy menjadi pilihan jika ingin menampilkan efek kilap pada lantai, misalnya untuk ruang keluarga, sedangkan dof untuk efek natural. untuk ruang yang tampil apa adanya, seperti garasi, dapur atau area servis.
 
Cara pengaplikasian cat ini memang sedikit rumit dan diperlukan ketelitian dan keahlian khusus, mengingat cat lantai ini memang rentan terhadap permukaan yang tidak bersih. Sehingga pada saat pengaplikasianya permukaan lantai harus benar-benar dalam keadaan bersih serta memerhitungkan faktor cuaca, dll.

Jika Anda ingin mengaplikasikan cat lantai, perhatikan beberapa hal :
  • Penggunaan lantai atau ruangan, setiap ruangan diperlukan kadar mikron yang berbeda-beda, misalnya untuk dapur atau garasi, berbeda dengan untuk ruang keluarga. begitu juga untuk pabrik, gudang, laboratorium, dsb. hal ini untuk menyesuaikan tingkat beban pada lantai tersebut. 

  • Perhitungkan cuaca, apabila cuaca mendung atau hujan, terlebih apabila disertai tiupan angin yang cukup kencang, hendaknya jangan dilakukan pengecatan,  karena kotoran atau debu akan mengenai permukaan lantai dan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Pada pelaksanaanya harus dilakukan sekaligus dan tidak boleh terpotong (terhenti), hal ini akan menygakibatkan perbedaan warna pada kedua permukaan.
  • Sebagai contoh untuk aplikasi cat lantai pada dapur kita dapat menghitung banyaknya cat yang akan dibeli dan besar biayanya. Satu set kaleng 1kg Multi-Pox dapat menutup lantai seluas 3m2-4m2. Harganya Rp155.000 per kg per set. Satu galon 4kg Art Stone dapat menutup permukaan lantai sekitar 4m2. Harganya Rp145.000 per galon. Ada juga ukuran pail (20kg) dengan harga Rp 700.000 per pail. 

Apabila anda tertarik dengan cat lantai, anda dapat mencoba sendiri atau menghubungi ahlinya :

PT POLA INDAH
Specialist Flooring Coating
Marketing : 0818 0635 8697